Pengenalan Lisensi Level Mikrotik | INSTALL SETTING ROUTER MIKROTIK | PAKET INTERNET UNLIMITED

Pengenalan Lisensi Level Mikrotik


Jika sistem ini ingin dimanfaatkan secara penuh, dibutuhkan lisensi dari MikroTik untuk dapat menggunakanya alias berbayar. Mikrotik dikenal dengan istilah Level pada lisensinya. Tersedia mulai dari Level 0 kemudian 1, 3 hingga 6, untuk Level 1 adalah versi Demo. Pada level ini Mikrotik dapat digunakan secara gratis dengan fungsi-fungsi yang sangat terbatas. Tentunya setiap level memilki kemampuan yang berbeda-beda sesuai dengan harganya, Level 6 adalah level tertinggi dengan fungsi yang paling lengkap.

Mikrotik pada standar perangkat keras berbasiskan Personal Computer (PC) dikenal dengan kestabilan, kualitas kontrol dan fleksibilitas untuk berbagai jenis paket data dan penanganan proses rute atau lebih dikenal dengan istilah routing. Mikrotik yang dibuat sebagai router berbasiskan PC banyak bermanfaat untuk sebuah ISP yang ingin menjalankan beberapa aplikasi mulai dari hal yang paling ringan hingga tingkat lanjut. Contoh aplikasi yang dapat diterapkan dengan adanya Mikrotik selain routing adalah aplikasi kapasitas akses (bandwidth) manajemen, firewall, wireless access point (WiFi), backhaul link, sistem hotspot, Virtual Private Netword (VPN) server dan masih banyak lainnya.

MikroTik RouterOS™ dapat diinstall di sebuah PC dengan minimal 2 LAN Card. Instalasi Mikrotik ini tidak membutuhkan piranti lunak tambahan atau komponen tambahan lain. Mikrotik didesain sangat mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun. Sering digunakan juga untuk mengelola jaringan di warnet, sekolah, maupun perkantoran.

Untuk keperluan beban yang besar ( network yang kompleks, routing yang rumit dll) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan resource PC yang memadai.
Fasilitas pada mikrotik antara lain sebagai berikut :
- Protokoll routing RIP, OSPF, BGP.
- Statefull firewall.
- Hotspot for Plug-and-Play access
- remote winbox GUI admin
powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme